Mahasiwa: Pemegang Saham Kebangkitan?

“Kebanyakan orang yang berhasil adalah bukan orang yang sibuk dengan urusan dirinya sendiri, tetapi dialah yang bisa membangi waktnya untuk peduli dan memikirkan kepentingan banyak orang”.

Pentingnya peran mahasiswa dalam ikut memajukan bangsa menjadi dasar mahasiswa Departemen Teknik Kelautan 2017 unuk menyelenggarakan Kajian Isu Kebangsaan. Kegiatan yang berlangsung pada tanggal 23 Maret ini mengangkat 6 (enam) topik permasalahan yaitu Energi dan Lingkungan, Pendidikan, Ekonomi, Politik dan Pertahanan Negara, Sosial Budaya, Inovasi dan Teknologi dan dijabarkan menjadi 12 (dua belas) permasalahan yang sedang dihadapi Indonesia saat ini.

Kurangnya kepekaan ditambah mirisnya budaya membaca dan mengamati mahasiswa saat ini tentu menjadi “ruang hampa” tersendiri dalam pergerakan. Padahal, bisa dibilang bahwa mahasiswa merupakan “pemegang saham kebangkitan” karena hampir disetiap momen penting pergerakan nasional tidak lepas dari peran mahasiswa. Mahasiswa yang masih aktif kuliah berada pada tatanan experiment to learn dan experiment to action. Sedangkan ketika benar-benar lulus dan sudah membaur dengan masyarakat, saatnya masuk pada tatanan given the real contribution. Oleh karena itu mahasiswa dituntut untuk memberikan aksi nyata yang diharapkan dapat menjawab permasalahan bangsa.

Pada akhirnya, bagaimanapun keadaannya saat ini, seperti tertuang dalam sebuah hadits : ditangan para pemuda lah masa depan sebuah bangsa. Bangsa seperti apa yang akan kita bawa kedepannya? (nsa)

 

Draft Kajian Isu Kebangsaan dapat diunduh dilink:

intip.in/draftkajiankebangsaan23maret2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *