Teknik Kelautan Sapu Bersih IBC Cup 2018

Satu lagi prestasi yang berhasil diraih oleh Mahasiswa Teknik Kelautan pada 2018, setelah menjuarai Piala Rektor Sepuluh Nopember (cabang olah raga Voli), mahasiswa DTK meraih juara pada IBC 2018 (cabang olah raga badminton). Berhasil menggaet Juara 1 Beregu dan Juara 1 Ganda Putra tentu menjadi pencapaian besar bagi Departemen Teknik Kelautan.

Untuk memaksimalkan potensi mahasiswanya, Departemen Teknik Kelautan melalui Himpunan Mahasiswa Teknik Kelautan (HIMATEKLA) memiliki empat cabang olahraga dalam kegiatan latihan rutin yang dinaungi oleh Departemen Minat dan Bakat, salah satunya badminton. Kegiatan latihan rutin badminton ini diadakan setiap Selasa di lapangan Fasor Badminton ITS pada pukul 18.00 – 21.00. Departemen Minat dan Bakat HIMATEKLA memfasilitasi penyewaan tempat, konsumsi air minum, dan shuttlecock. Meski sempat terkendala peraturan gor badminton yang mewajibkan menggunakan sepatu badminton, peserta kompetisi tetap dapat melaksanakan latihan dengan maksimal.

Event IBC 2018 kali ini diikuti oleh 16 departemen. Departemen Teknik Kelautan mengirimkan 8 orang perwakilannya yang terbagi dalam beberapa cabang. Yaitu kelas beregu yang terdiri dari tunggal, ganda putra, dan ganda campuran. Berikut adalah nama-nama pemain: Septian Agung, Raditya Al Hakim, Ray Adam Baihaqi, Ardi Ardiansyah, Novi Jesika Anastasia, Arif Windiargo, Eliezer B. F. B. dan Debby Ardani P. Departemen Teknik Kelautan juga mengirimkan perwakilan untuk kelas umum tunggal putra dan ganda putra. Untuk kelas umum tunggal terdapat Eliezer B. F. B., sedangkan untuk kelas umum ganda putra terdapat Septian Agung dan Elieizer B. F. B. Pada IBC 2018, sistem yang digunakan adalah sistem Knock-out (sistem gugur).

Untuk kelas beregu, pertandingan pertama digelar pada Selasa 20 Maret 2018 dan lolos ke babak 8 besar setelah menghadapi Departemen Teknik Geomatika dengan skor 2-0. Pada Rabu, 21 Maret 2018 kelas beregu, umum tunggal putra dan ganda putra bermain dan seluruhnya berhasil memasuki babak semifinal pada Kamis 22 Maret 2018. Pada pertandingan ini, kelas tunggal memperoleh kemenangan, namun untuk kelas ganda putra mengalami kekalahan sehingga penentuan final ditentukan oleh ganda campuran yang berhasil memenangkan pertandingan.

Penentuan juara pada Jum’at, 23 Maret 2018 mempertemukan Teknik Kelautan dengan Teknik Mesin yang setiap tahunnya selalu bertemu dalam babak final. Skor yang saling mengejar selama kompetisi berlangsung sukses membuat penonton kedua Departemen tegang dan tidak dapat memprediksi hasil akhir. Hingga akhirnya pertandingan terakhir antara Raditya (Teknik Kelautan) dan Rizky Abet (Teknik Mesin) berhasil dimenangkan oleh Raditya sehingga mengunci gelar juara 1 IBC Cup 2018 ini. (minba/nsa)

1 thought on “Teknik Kelautan Sapu Bersih IBC Cup 2018”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *